Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan

Abstrak

Tingkat kepuasan dari mutu pelayanan tergantung dari harapan masyarakat. Salah satu upaya pemerintah dalam mengukur kinerja pelayanan publik yaitu dengan menyusun indeks kepuasan masyarakatterhadap pelayanan publik yang telah ditetapkan melalui peraturan MENPAN RI nomor Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman penyusunan indeks kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan diketahuinya analisis kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan di ruang Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu tahun 2023. Dilaksanakan pada Mei - Juni 2022. Penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional, populasi penelitian ini adalah jumlah kunjungan pasien di ruang Instalasi Rawat Inap RUDSekayu yang berjumlah 1470 pasien, sampel sebanyak 94 responden. Pengumpulan dan pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil analisis uji statistik menggunakan uji statistik Chi-Square dan regresi logistik ganda dimana hasilnya menunjukkan ada hubungan bermakna (p value < 0,05) untuk variabel domisili (p=0,033), jenis kelamin (p=0,005), umur (p=0,029), tangible (p=0,022), dan emphaty (p=0,033). Tidak ada hubungan variabel pendidikan (p=0,233), pekerjaan (p=0,586), reability (p=0864), assurance (p=0,886), dan responsiveness (p=0,765). Dari hasil uji statistik multivariat diperoleh faktor dominan kepuasan pasien terhadap imunisasi dasar lengkap adalah peran petugas kesehatan (p= 0,001; OR= 3,795). Diharapakan kepada tenaga kesehatan di wilayah RSUD Sekayu untuk mempertahankan pelayanan kesehatan kepada pasien terutama aspek tangible dan empaty untuk meningkatkan kepuasan pasien.

https://doi.org/10.36763/healthcare.v12i2.388
pdf
##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##