Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Focus Group Discussion Terhadap Pengetahuan Siswi Tentang Persiapan dalam Menghadapi Menarche
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Menarche, Health Education, Knowledge , FGD

How to Cite

Fitri, D. E., & Epi Kurnia. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Focus Group Discussion Terhadap Pengetahuan Siswi Tentang Persiapan dalam Menghadapi Menarche. HEALTH CARE: JURNAL KESEHATAN, 10(2), 297-304. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i2.154

Abstract

Menarche adalah menstruasi pertama kali yang terjadi pada masa awal remaja, hal tersebut terjadi sebagai bukti tanda menuju kedewasaan. Kesiapan mental yang baik dibutuhkan oleh anak yang akan mengalami menarche. Kurangnya pendidikan menstruasi dapat menyebabkan masalah kesehatan reporduksi dalam jangka panjang ketika mengalami menstruasi, juga memancing pertumbuhan kuman jika kebersihan menstruasi tidak terjaga, serta resiko kesehatan seperti infeksi dan sistitis. Sehingga Strategi yang perlu dilakukan adalah pemberian edukasi tentang menarche. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode focus group discussion terhadap pengetahuan siswi tentang persiapan dalam menghadapi menarche. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 53 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre eksperimen design berupa rancangan “pretest-posttest with one gruop design” Berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank test terdapat perbedaan signifikan pengetahuan siswi tentang menarche antara sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode FGD dengan nilai p value pengetahuan = 0,000 lebih kecil dari nilai alpha (p < 0,05)  sehingga dapat disimpulkan bahwa FGD berpengaruh terhadap pengetahuan siswi tentang persiapan dalam menghadapi menarche.

Kata Kunci            : 

https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i2.154
PDF (Bahasa Indonesia)

Downloads

Download data is not yet available.